Kopi Kawa Daun

Kopi Kawa Daun

Kopi Kawa Daun, terbuat dari daun kopi pilihan asal Tanah Datar-Sumatra Barat dan dikemas secara modern ala teh celup🙂

Ini nih, bisnisnya temen saya. Baru lulus dari ITB jurusan Teknik Material dan Teknik Mesin.
Bukannya buru-buru ngelamar kerja ke perusahaan-perusahaan bonafit kayak yang dilakukan temen-temen sarjana teknik lainnya, mereka berdua lebih tertarik untuk mengembangkan produk kopi ini.

Mereka asalnya dari Sumatra Barat.
Wah, urang awak? Iya, urang awak, hehe… Tepatnya sih mereka itu berasal dari Kabupaten Tanah Datar.

Terus ini sebenernya kopi apaan sih?
Hooop, beneran mau tau? Mari kita ulik sejarahnya kalo mau yah :p

Dahulu kala, di jaman penjajahan Belanda, rakyat disuruh menanam kopi di pekarangan rumahnya. Ketika kopi itu berbuah, Belanda mengumpulkan biji-biji kopi tersebut dari penduduk dan cuma memberikan sedikit saja untuk penduduk. Namun oh namun, penduduk saat itu belum tahu bagaimana cara mengkonsumsi biji kopi tersebut. Entah apa kegunaannya. Ditelen bulet2, keselek, pahit pulak. Walhasil penduduk ngga menggunakan kopi bagian mereka kan ya.

Suatu ketika seorang pemuda Tanah Datar menyusup dan diam-diam mempelajari bagaimana cara meracik biji kopi dan cara mengkonsumsinya. Lalu setelah dia tahu, semua penduduk diajarin sama pemuda ini tentang cara minum kopi. Lalu mulai deeeeeeh semua penduduk keranjingan minum kopi. Hal ini bikin Belanda murka, karna kalo penduduk udah pinter, ntar setoran biji kopi berkurang dong. Dan lagian waktu itu, minum kopi adalah kemewahan tersendiri dan penduduk pribumi masa iya bisa minum kopi layaknya bangsawan2? Belanda ogah kan ya. Akhirnya dikeluarkanlah larangan meminum kopi. Semua biji kopi mulai saat itu diambil Belanda.

Nah, penduduk jadi bingung. Kopi itu enaaak banget menurut mereka, dan para penduduk itu udah mulai terbiasa minum kopi itu. Dateng lagi deh si pemuda tadi, mencoba berpikir gimana caranya penduduk tetep bisa minum kopi, tapi bukan dari bijinya, karna biji kopi ngga ada yang disisain buat penduduk oleh Belanda kan.
Daaaan ENG ING EEENG, si pemuda  itu pun akhirnya mencoba meracik minuman kopi dari DAUN KOPI!!

Rasanya gimana Uni?
Jangan ditanyaaa…nikmat kok! Emang, nggak sekental kopi yah, soalnya kan ini dari daunnya. Hehe…
Kalo disuruh mendeskripsikan rasanya, kopi yang terbuat dari daun kopi ini unik banget. Bau dan rasanya kayak kopi, tapi lebih light, lebih encer, nggak kental dan berat kayak kopi biasa. Yah, perpaduan antara kopi dan teh deh.

Sampe saat ini, di Tanah Datar, minuman kopi ini masih ada, masih dibikin orang. Disana, minuman kopi dari daunnya ini disebut dengan aia kawa, atau kadang disebut juga dengan kawa daun. Kawa itu sendiri artinya adalah kopi, serapan dari bahasa Arab. Biasanya, warung2 kawa daun ini banyak terletak di pinggir2 jalan disana. Malem-malem dingin-dingin duduk di warung pinggir jalan atau pinggir sawah, sambil minum aia kawa yang hangat diminum pake tempurung kelapa dan ditemani goreng pisang hangat. Baaaaaaaaaaahhh…nikmat sekali!

Saya sendiri udah pernah coba.
Malem-malem.
Ke warung aia kawa (ini emang warung khusus cuma buat minum kopi ini).
Minum aia kawa (penyajiannya biasanya pake batok kelapa lho)
Dan ditemenin goreng pisang panas.
Aaaaaaaaakkk~
Sedap!
Tapi sayang, cuma bisa diminum langsung di Tanah Datar…

Dan tiba2 Kopi Kawa Daun punya temen saya ini hadir. Dengan kemasan yang lebih praktis, dikemasnya kayak teh celup!
Dan gampang disajikan juga. Asiknya lagi, bisa didapat di kota-kota lain, nggak cuma di Tanah Datar. Ini di kosan saya ada nih sekotak. Hohoho. Bagusnya lagi (lagi), Kopi Kawa Daun ini udah diuji dan memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Bisa mengurangi resiko penyakit maag, hipertensi, jantung koroner, penyempitan pembuluh darah, kanker, dan taukah anda? Kadar kafein Kopi Kawa Daun ini sangat rendah, bahkan lebih rendah dari kadar kafein teh celup biasa lho! Udah diuji di laboratorium IPB kok. Percaya lah, percaya lah… Hahahaha.

Uni Cory kenapa sih coretannya jadi promosi Kopi Kawa Daun? Temennya yang nyuruh?
Nggak lah. Ngapain. Emang saya seorang pesuruh, hehe.
Sharing sesuatu yang bagus itu wajib kan, biar semua orang di sekitar kita juga bisa merasakan manfaatnya.🙂
Ini Kopi Kawa Daun ini masih dalam proses masuk ke pasar2 di kota2 besar kayak Bandung, Jakarta, dan lain-lain. Di Tanah datar sendiri sih udah masuk ke minimarket disana, hehe. Jadi yang penasaran sama rasanya, bentuknya, aromanya, dan khasiatnya, ditunggu aja ya. Atau kalo mau pesen sekarang jugak, bisaaa…
Order aja ke mereka langsung.
Nih ta’ kasi CP nya. Selamat mencoba!🙂

Kopi Kawa Daun

Kopi Kawa Daun
www.kopikawadaun.com
Facebook: Kopi Kawa Daun
Twitter: @kopikawadaun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s