Learning Hindi ~ Chapter 1 ~ Huruf A dan AA

Nah, inilah dia pelajaran pertama kitaaaa~
tepuk tangan!
plok plok plok!!!

Kita mulai dari mengenal huruf2 dulu ya. Dan saya pengennya kita belajarnya pelan2 aja. Karna kalo langsung dikasih materi seabrek-abrek, biasanya bakal lebih gampang lupa. Mending sedikit2, tapi langsung mantep dan nggak lupa2 lagi yah.

Huruf Hindi biasa disebut sanskrit atau devanagari. Sama kayak huruf latin yang biasa kita pake, ada huruf vokal, dan ada juga huruf konsonan. Untuk sekarang, ayo kita mengenal huruf vokal dulu ya.

Huruf vokal hindi pertama yang harus kita tau adalah huruf A.
Gimana bentuk huruf A itu? Jreng jeeeng, ini diaaa:

A

Cara pengejaannya biasa aja, yah kayak kita bilang “A” pas ngomong “apa“, “ayam”, dan lain lain.
Gampang kan ya?
Dihapalin yaa bentuknya🙂

———————————————————————————————————————–

Huruf kedua adalah AA.
Bentuknya mirip sama huruf  अ  diatas, cuman ditambahin garis vertikal di belakangnya satu lagi:

आ

AA

Cara bacanya gimana?
ya sama aja, kayak kita ngomong huruf A biasa, cuma dibacanya lebih lama/lebih panjang, seperti kalo kita lagi manggilin mama kayak gini nih:
“Maa aku berangkat dulu yaa…”
Bisa? Coba deh dieja beneran, mulutnya digerakin, suaranya dikeluarin.
A.
dan AA.
Bisa?
Great!

———————————————————————————————————————–

Untuk penggunaan dalam kalimat, ada perbedaan bentuk, kayak kalo di bahasa Arab. Beda kan bentuknya, huruf yang terletak di awal kata, tengah kata, dan akhir kata? Begitu juga dengan huruf sanskrit ini.
Bentuk dan adalah bentuk yang berlaku kalau huruf tersebut berada di awal kata, seperti apa, ayam, aku.

Untuk huruf dan yang berada di tengah setelah huruf lainnya (alias berada di tengah kata), maka ada perbedaan penulisan.

menjadi tidak terlihat karena melebur dengan konsonan sebelumnya.
Contoh: huruf “M” (म) kalau digabung dengan “A”, akan tetap berbentuk म, tapi dibaca “Ma”
Jadi, kalo mau bikin “Mama”?
Yoi, penulisannya adalah : मम
Kesannya jadi cuma “MM” doang ya, tapi sebenernya bacaannya adalah “Mama”

kalau terletak di tengah akan menjadi 
Lingkaran putus putus di depan garis vertikal adalah posisi untuk meletakkan huruf konsonan nantinya.
Langsung contoh aja ya, misalnya kita ingin tulis “Maamaa”, maka tulisannya adalah: मामा

Keliatan nggak bedanya?
Mama = मम
Maamaa = मामा

Udah bisa?
Bisalah yaaa ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s