Learning Hindi ~ Chapter 3 ~ Huruf U dan UU

Wew, terakhir ngepost Hindi Lessons itu chapter 2, tanggal 25 desember. Sekarang udah 8 Januari 2013 ajaaa… Padahal niatnya ngepost Learning Hindi nya seminggu sekali -_-
Punteeeen ya sadayana, hehe…

Oke. Mari kita mulai pelajaran ketiga. Lanjutan dari pelajaran sebelumnya ya.
Kali ini, huruf yang beruntung untuk kita bahas adalah huruf U dan UU. :p

————————————————————————————————————–

U

U

So yes yes yes, that is U!
Bentuknya kayak angka 3 yang dikasih topi diatasnya.
Cara bacanya gimana?

Gampaaang, sama aja kayak Bahasa Indonesia Raya kita tercinta, huruf U kayak kita biasanya bilang sumur, burung, kutu, palu.

Nah, inget nggak, kalo huruf vokal di tulisan sanskrit itu, beda letak hurufnya bakal bikin beda bentuk hurufnya?
Istilahnya kapital dan non kapitalnya gitu deh…
Huruf U berbentuk उ diatas itu adalah huruf kapitalnya, alias terletak di awal kata.
Kalau huruf उ (U) nya udah terletak di tengah kata, bakal beda lagi, dan menjadiiiii :

U di tengah kata

U di tengah kata

Jangan lupa, lingkaran putus-putus itu diganti sama konsonan ya… Jadi garis putus-putus diatas itu cuma perwakilah konsonan yang bebas kita pakai sesuai kebutuhan nantinya. Intinya adalah bentuk seperti KOMA di bawah lingkaran putus2 diatas, itulah huruf U.

Ini langsung contohnya aja ya huruf U yang terletak setelah huruf lainnya:

मु = MU

सु = SU

लु = LU

कु = KU

कुकु = KUKU

उकु = UKU

Nah, liat bedanya di kata “UKU” kan?
U pertama itu menggunakan bentuk उ, karna terletak di awal kata. Sedangkan U kedua terletak setelah huruf lain, sehingga bentuknya menjadi bentuk ु (koma di bawah konsonannya). Karna konsonan yang dipakai adalah huruf K, maka KU ditulis menjadi कु.
Get it?
Great!

————————————————————————————————————–

Huruf kedua hari ini yang bakal kita pelajari, apalagi coba kalo bukan UU!!!

UU

UU

Yoi, itu dia hurufnya. Mirip kan sama U? Cuma di huruf UU, ada kait kecil tambahan di punggung angka 3 nya… Jadi kayak angka 3 yang lagi gendong ransel di punggungnya gitu *imajinasi berlebihan*

Lagi lagi, cara bacanya ya sama aja kayak baca huruf U, cuma agak dipanjangin atau dibaca lebih lama, sekitar dua ketukan.
Contohnya kalau kayak kita lagi manggil “Ibuuu, aku lapaar…”😀😀😀

Untuk huruf UU yang terletak di tengah kata, bentuknya akan berubah menjadi:

UU di tengah kata

UU di tengah kata

Waduh? kenapa bentuknya kayak KOMA lagi? Susah atuh bedainnya sama ु ?
Ya jangan dibikin susah atuh, hehehe…
Tinggal diinget aja, kalo huruf U, bentuknya persis kayak KOMA —>ु
Kalo huruf UU, bentuknya kayak KOMA lagi NUNGGING —>ू
hahahha…
Lebih gampang diinget kan? :p

Contohnya nih biar makin nempel di kepala:

मू = MUU

सू = SUU

लू = LUU

कू = KUU

Sip kan?
Diulang-ulang lagi aja bacanya yaaa kalo belum ngerti…
Tapi kayaknya sih ngerti lahhh, gini doaaaaang…gampaaang… hehehe🙂

Oke deh, see you in the next chapter ya😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s