Learning Hindi ~ Chapter 4 ~ Huruf E dan AI

Hello there, Hindi learners…🙂
Aap kaise hain? (Bagaimana kabar Anda?)
Baik-baik aja kan? Gimana? Siap menerima pelajaran ketiga?
अच्छा ~ Acchaa ~ Good!

So far, kita udah mengenal huruf:
A dan AA,
I dan II,
U dan UU.
.

Sekarang, ayo lanjut ke huruf E dan AI.

—————————————————————————————————————————

Huruf E

E

E

Liat deh bentuknya huruf E ini, rada mirip ya, sama huruf  e kecil biasa?

 dan e

See? Jadi ngga perlu bingung deh buat ngapalin huruf  ! ^_^
Gimana cara membaca huruf  yang benar?
Gampang, sama aja kayak bunyi e di kata-kata;
karet, copet, buset, ember.

Seperti biasa, huruf  ini merupakan bentuk huruf kapital (terletak di awal kata)
Untuk bentuk huruf “kecil” (terletak di tengah kata), bentuknya akan berubah menjadi:

e

e

Masih inget lingkaran dengan garis putus2 itu apa?
Yup! Itu bentuk pengganti konsonan. Jadi, nanti si lingkaran itu diganti sama huruf konsonan apa aja, tergantung kita mau ngomong apa🙂

Langsung contoh ya:

एका = Ekaa

एक = Eka / Ek

Pasti kalo yang kapital ini langsung ketauan deh ya mana huruf E? Iya doong, soalnya hurufnya sama sekali ngga berubah, terletak di awal kata. Liat kan ada huruf disitu? Dan masih inget chapter 1 tentang huruf A dan AA? Ketemu nggak, di contoh diatas? Hayo dicari, mana dia huruf A dan AA🙂

Contoh buat yang  nya terletak di tengah kata mana nih? Yang bentuknya jadi
Hoppp, tenang, ini dia contohnya:

मे = Me

ने = Ne

के = Ke

ते = Te

हे = He

मेनेकेतेहे = Meneketehe!

Hahahaha…
See? Bisa kan menemukan huruf  di tiap contoh diatas?
Pokoknya, tiap ada garis miring yang pendek tepat di atas huruf konsonan, itu adalah  alias .🙂

Lanjut?
Yuk mariiii~

—————————————————————————————————————————

Huruf AI

AI

AI

Huruf AI juga ngga susah kok buat dipelajari. Kalo udah ngerti huruf E diatas, ngapalin bentuk huruf AI bakalan lebih gampang, karna tinggal nambahin garis miring kecil (kayak sedotan) di atas huruf E atau .

Yang bakalan bikin bingung adalah cara membacanya / bunyinya.
Walaupun ini huruf AI, cara bacanya sama sekali bukan seperti kita bilang “hai, apa kabar?”
Cara membaca huruf  adalah “hei, apa kabar?”

Jadi, huruf A di AI ini bukan dibaca seperti A, tapi dibaca seperti E.
Cukup jelas?Kalo masih belum jelas, gini deh. Tau film india berjudul “Kuch Kuch Hota Hai?”
Nah, cara bacanya begitu. Walaupun tulisannya Kuch Kuch Hota Hai, tapi coba deh dengar lagunya, terdengarnya malah “kuch kuch hota hei“.
So, tulisannya AI, tapi dibacanya adalah EI.
Following?
अच्छा ! ~ Acchaa! ~ Ok!

Untuk huruf  yang berada di tengah kata, bentuknya otomatis juga berubah menjadi:

ai

ai

Lagi-lagi gampang kan, cuma nambah satu sedotan lagi di atas konsonan yang mendahului huruf tersebut.
Bedain ya, sama huruf    alias .
Yuk liat contohnya:

ऐका = Aikaa (baca:Eikaa)

ऐक = Aika / Ek (baca:Eika/Eik)

Untuk yang terletak di tengah kata:

मै= Mai (baca: Mei)

नै = Nai (baca: Nei)

कै = Kai (baca:Kei)

है = Hai (baca:Hai)

Fiuhh…Selesai deh pelajaran hari ini.
Dibaca ulang ya, kalo perlu baca ulang dari Chapter 1🙂
Ngga apa-apa kok pelan-pelan, yang penting nempel di kepalanya lama. Enjoy!😉

~shortcut~

E = ए

e = े

AI = ऐ

ai = ै

12 thoughts on “Learning Hindi ~ Chapter 4 ~ Huruf E dan AI

    • coba mampir di http://www.belajarbahasaindia.blogspot.com deh…
      itu blog baru saya, pelajaran bahasa hindinya saya pindah kesana semua, jadi disini nggak akan posting ttg bahasa india lagi, hehehhe…
      niatnya biar lebih rapi dan nggak campur2 sama yg lain, jadi di blog yg baru itu emang semua bakal diposting ttg india dan bahasa hindi aja ^_^
      mampir yaaaaa🙂

      • Iya barusan udah saya lihat, tapi di blog itu huruf yang ada di gambar kok ga nampak ya di hp saya..
        Jadi ga bisa liat hurufnya..😦
        Kenapa ya ?

      • wah serius mas?kok bisa ya? gambar2 lain bisa keliatan nggak? coba di refresh lagi mas, siapa tau bisa, hehehhe…disitu udah sampe Chapter 8, udah masuk huruf konsonan…hehehe…

  1. Udah bisa, hehehe..
    Tapi ada masalah lagi, yaitu gak bisa komentar..
    Saya cari-cari kotak buat nulis komentarnya, tapi gak ada ??

    • nah iya mas, lagi sibuk akhir2 ini, hehehhe…
      karna itu materi gambarnya saya bikin sendiri, jadi tiap bikin postingan harus persiapan dulu bikin gambar, cari gambar, segala macem, hehehe…maaf atas ke-nggak-update-annya akhir2 ini…
      kebetulan lagi harus fokus di hal lain dulu…insyaAllah dalam waktu dekat diupdate🙂
      keep following ya😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s